Selasa, 02 Agustus 2011

0 SEJARAH HANTU INDONESIA

http://mistis.blogdetik.com/files/2008/12/wewens6.jpg
Hehehehe, boleh jadi, sebagai bangsa yang dekat dengan kultur mistik, bangsa kita paling banyak memiliki kisah hantu. Itulah soalnya, para produser film kita tak pernah kehabisan tema dan judul yang berkait dengan kisah perhantuan. Sampai-sampai, beberapa orang membuat peringkat, terdapat 12 hantu paling beken di Indonesia. Sebut saja:


1. Kuntilanak; dicitrakan sebagai “wanita cantik” yang senang meneror penduduk kampung untuk menuntut balas. Kuntilanak sewaktu muncul selalu di iringi harum bunga kamboja. Kuntilanak juga senang menyantap bayi dan melukai wanita hamil. Kuntilanak difilmkan pada 1974.
2. Sundel bolong; dicitrakan sebagai wanita berambut panjang dan bergaun panjang warna putih. Di gambarkan pula terdapat bentukan bolong di bagian punggung yang sedikit tertutup rambut panjangnya sehingga organ-organ tubuh bagian perut terlihat. Kabarnya, hantu sundel bolong mati karena diperkosa dan melahirkan anaknya dari dalam kubur. Film “Sundel Bolong” (1981) ditonton oleh 301.280 orang dan menjadi Film Terlaris III di Jakarta pada tahun 1981.
3. Tuyul, digambarkan sebagai mahluk halus berwujud anak kecil atau orang kerdil dengan kepala gundul. Tuyul dapat di pekerjakan oleh seorang majikan manusia untuk alasan tertentu, terutama mencuri uang. Tuyul difilmkan pada 1978 dengan judul “Tuyul” dan tahun 1979 dengan judul “Tuyul Eee Ketemu Lagi”, “Tuyul Perempuan” (1979).
4. Pocong, digambarkan memiliki wajah rata dan memiliki lubang mata berongga atau tertutup kapas dengan wajah putih pucat. Pocong diangkat ke film pada 2010 dengan judul “Pocong Jumat Kliwon”.
5. Genderuwo, adalah sejenis bangsa jin atau makhluk halus yang berwujud manusia mirip kera yang bertubuh besar dan kekar dengan warna kulit hitam kemerahan, tubuhnya ditutupi rambut lebat yang tumbuh di sekujur tubuh. Film “Genderuwo” diproduksi tahun 1981.
6. Wewe Gombel, adalah sebuah istilah dalam tradisi Jawa yang berarti roh jahat atau hantu yang suka mencuri anak-anak, tapi tidak mencelakainya. Disebut Wewe gombel karena kejadian in terjadi di daerah Gombel, Semarang. Pernah diangkat ke layar lebar dengan judul “Legenda Wewe Gombel” (2007)
7. Leak. Dalam mitologi Bali, Leak adalah penyihir jahat. Le artinya penyihir dan ak artinya jahat. Leak hanya bisa dilihat di malam hari oleh para dukun pemburu leak. Film berjudul LEAK yang diproduksi oleh PT. Ganesha Perkasa Films diedarkan pada 2007.
8. Rangda, adalah ratu dari para leak dalam mitologi Bali. Makhluk yang menakutkan ini diceritakan sering menculik dan memakan anak kecil serta memimpin pasukan nenek sihir jahat melawan Barong, yang merupakan simbol kekuatan baik.
9. Kuyang, merupakan siluman berwujud kepala manusia dengan isi tubuh yang menempel tanpa kulit dan anggota badan yang dapat terbang untuk mencari darah bayi.
10. Palasik, menurut kepercayaan orang Minangkabau adalah sejenis makhluk gaib. Menurut kepercayaan Minangkabau palasik bukanlah hantu tetapi manusia yang memiliki ilmu hitam tingkat tinggi.
11. Orang Bunian, adalah sejenis makhluk halus yang dikenal di wilayah Minangkabau, Sumatera Barat. Bentuknya menyerupai manusia, tinggal di tempat-tempat sepi, di rumah-rumah kosong yang telah ditinggal penghuninya.
12. Jin, secara harfiah berarti sesuatu yang berkonotasi “tersembunyi” atau “tidak terlihat”. Dalam Islam dan mitologi Arab pra-Islam, jin adalah salah satu ras mahluk yang tidak terlihat dan diciptakan dari api.
Nah, itulah 12 hantu yang konon paling beken di seantero Nusantara. Jadi siap-siap saja, seiring berkurangnya tayangan film-film asing di gedung bioskop, sebagai gantinya akan muncul 12 hantu di atas beserta sanak familinya yang belum saya sebut di tulisan ini. Setidaknya, di awal tahun ini saja sudah ada “Hantu Goyang Karawang” dan “Jenglot Pantai Selatan” garapan Rizal Mantovani.

Incoming search terms:

  • mencari film hantu
  • film setan ngesot
  • film setan indonesia
  • penarikan hantu
  • film setan setan
  • film setan lucu
  • hantu indonesia vs hantu asing
  • KENAPA ARWAH SETAN NURDIN HALID SELALU BERGENTAYANGAN DI MANA MANA 
  • BIKIN ANAK KECIL LARI KETAKUTAN ?
  •  Setan
  • Hantu
  • Sejarah Hantu Setan
  • berita tentang potong kepala th 2011 manusia orang nya bertato 99
  • keuntungan penarikan film asin

0 komentar:

Posting Komentar

TEMPAT BACOT !!


ShoutMix chat widget